Resep Membuat Sambal Goreng Hati Sapi, Hidangan Hari Raya yang Menggugah Selera

Penasaran dengan rasa nikmat dari sambal goreng hati sapi? Yuk simak resep membuat sambal goreng hati sapi berikut ini. Salah satu hidangan yang sering di sajikan saat lebaran ialah sambal goreng. Ada beragam jenis sambal goreng yang ada di hari itu misalnya saja sambal udang, krecek, sambal kentang sampai sambal goreng hati yang akan kami sajikan di kesempatan kali ini. Sambal goreng umumnya di santap dengan ketupat dan opor ayam. Nah makanan tadi itu hampir ada di setiap lebaran.

Untuk kamu yang ingin memasak sambal ini sebaiknya memilih hati sapi , kamu harus memastikan memilih hati yang bebas dari parasit atau cacing dan tentunya sehat. Kamu bisa membeli daging yang telah kamu ketahui akan kualitasnya karena pada saat menjelang lebaran , banyak penjual daging musiman yang sering tak peduli dengan kualitas daging yang mereka jual. Jika diantara kamu ada yang tak suka dengan hati sapi, kamu bisa menggantinya kok dengan hati ayam. Akan tetapi hati ayam mudah hancur bila disandingkan dengan hati sapi. Maka dari itu, ada baiknya bila hati ayam goreng digoreng sebentar sesudah di kukus. Jika kamu suka, kamu bisa menambahkan petai ke dalam resep sambal goreng hati ini karena petai bisa menjadikan masakan beraroma yang khas.

Nah tak usah lama-lama , yuk kita simak saja resep membuat sambal goreng hati sapi yang akan kami sajikan khusus untuk kamu. Berikut resepnya :

Cara Membuat Sambal Goreng Hati Sapi


Bahan-Bahan :

  1. Hati sapi 500 gram
  2. Kentang 500 gram di iris dadu lalu di goreng setengh kering
  3. Bawang merah 10 buah , di iris
  4. Tomat 1 buah
  5. Daun salam 2 lembar
  6. Lengkuas 2 cm
  7. Santan 500 ml 
  8.  Minyak untuk menggoreng dan menumis secukupnya

Bumbu yang perlu di haluskan :Bawang putih 5 siung

  1. Cabai merah 8 buah
  2. Terasi ½ sendok makan
  3. Gula ½ sendok makan
  4. Garam ½ sendok teh

 

Bumbu lainnya :

Cabai merah 10 buah, buanglah bjinya lalu iris halus memanjang dan goreng ½ matang saja
Cara Membuat :
  1. Kukus hati 10 menit, tunggulah hingga dingin lalu potong dadu
  2. Panaskan minyak gorek sebanyak 3 sendok makan, tumis bumbu sampai harum . Masukkan daun salam dan lengkuas
  3. Beri tomat, dan bawang merah yang sudah di iris serta hati sapi, aduk rata. Jika bumbu mulai meresap masukkan santan dan tunggu sampai santannya menyusut
  4. Masukkan cabai goreng, aduk rata. Angkat
  5. Sambal goreng hati sapi siap dhidangkan
Demikianlah resep membuat sambal goreng hati sapi ini, mudah bukan dalam membuatnya. Semoga info kali ini bisa berguna yah untuk kamu. Selamat mencoba di rumah dan semoga berhasil masakannya  .



0 Response to "Resep Membuat Sambal Goreng Hati Sapi, Hidangan Hari Raya yang Menggugah Selera"

Posting Komentar